Posted by : Unknown Minggu, 28 April 2013

Bismillahirrahmaanirrahiim

kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dan menyimpan kekayaan dan keragamaan alam yang luar biasa. kalimantan terbagi menjadi provinsi Kalimantan Timur, provinsi Kalimantan Barat, provinsi Kalimantan Selatan, provinsi Kalimantan Tangah, dan provinsi terbaru Kalimantan Utara. saya sendiri saat ini tinggal di salah satu kota di Kalimantan Timur yaitu samarinda.

setiap wilayah memiliki keistimewaan masing-masing terutama menyangkut ciri khas yang berupa budaya ataupun kondisi geografis atau lebih di kenal dengan istilah tempat wisata. saya sendiri jarang pergi ke obyek-obyek wisata yang terdapat di Kalimantan Timur namun kali ini saya mungkin akan mengenalkan wisata yang sedikit berbeda yaitu wisata kuliner di samarinda.

samarinda merupakan wilayah yang memiliki penduduk majemuk didominasi oleh suku Bugis, Jawa, dan Banjar sehingga pola kuliner di samarinda banyak terpengaruh dari ketiga suku tersebut. kita mulai dari yang utama adalah wisata kuliner nasi kuning. nasi kuning sendiri berasal dari suku banjar (kalimantan selatan) yang kemudian bisa diterima oleh penduduk samarinda dan menghasilkan ragam variasi nasi kuning. nasi ini dapat di temukan hampir sepanjang hari terutama di pagi hari dan malam hari. untuk sentral wisata kuliner nasi kuning pada malam hari berlokasi di jalan lambung mangkurat, jadi jika berkunjung ke samarinda menu nasi kuning jangan terlewatkan.

selanjutnya adalah amplang dan kuku macan sebagai cemilan ringan. makanan ini dapat dikatakan sebagai kerupuk yang terbuat dari ikan terutama ikan sungai mahakam. rasanya yang gurih serta kriuknya menjadikan cemilan ini menjadi oleh-oleh wajib bagi mereka yang singgah ke samarinda. sementara itu para penduduk samarinda yang pergi keluar daerah pun biasa membawakan cemilan ini sebagai buah tangan. untuk sentral amplang dan kuku macan terletak di karang asam, ada banyak penjual amplang di sini dan jika anda datang di siang hari mungkin anda akan terpikat dengan aroma amplang yang sedang di goreng...hmmmm sedaap!!

terakhir adalah biskuit khas samarinda, biskuit LIDO, biskuit ini sebenarnya buatan orang cina yang migrasi ke samarinda, tapi entah kenapa biskuit ini hanya dibuat di samarinda. ada banyak ragam biskuit yang ditawarkan, yang biasanya di sebut gabin..eits jangan tertukar dengan gaban yah!! ada gabin asin, gabin keju, gabin susu. ketiganya mesti dicoba. untuk pusat pembuatannya dan penjualannya berada di jalan pelabuhan, tapi di penjualan amplang biasanya juga memajang gabin ini.

jadi buat anda yang mungkin bingung mau liburan kemana, atau ada rencana ke samarinda jangan bingung mau makan apa. banyak makanan istimewa menanti anda di samarinda, termasuk saya juga menanti kapan ada yang mau traktir saya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

clock

Viewer Stats

Kalender Hijriyah

Popular Post

My Blog List

Search Me

- Copyright © Gusti Yusuf As-Syagir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -